Beberap Jenis Bahan Kain Yang Harus Anda Ketahui

Kain merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan pakaian, baik pakaian untuk sehari-hari, sekolah, kerja, dan lain sebagainya. Dan kain untuk bahan pakaian ini terdiri dari berbagai macam jenis. Lalu apa saja jenis-jenis bahan kain tersebut?

1. Jenis Kain American Drill

Jenis kain ini memiliki serat sedang. Selain itu, kain ini memiliki karakteristik dengan permukaan kain yang sangat lembut serta tekstur yang halus. Jenis bahan kain ini terbuat dari bahan katun dan polyester, serta bisa menyerap air dengan baik sehingga sangat nyaman ketika dipakai.

2. Jenis Kain Japan Drill

Kain Japan Drill ini merupakan kain drill yang memiliki serat besar. Selain itu, jenis kain ini memiliki karakteristik yang lebih kuat serta tebal jika dibandingkan dengan jenis kain drill lainnya. Bukan hanya itu, jenis kain ini juga sangat direkomendasikan untuk jenis seragam lapangan.

3. Jenis Kain Nagata Drill

Jenis kain ini termasuk ke dalam kategori Kain Japan Drill. Dimana kain ini ini merupakan jenis kain drill yang banyak disukai orang karena memiliki komposisi bahan katun yang lebih banyak serta lebih nyaman saat digunakan jika dibandingkan dengan Kain Japan Drill lainnya yang mempunyai lebih banyak kandungan polyesternya.

4. Jenis Kain Taipan Drill

Jenis kain ini terbuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron. Selain itu, jenis kain ini memiliki karakteristik yang lentur serta tidak mudah kusut dan memiliki permukaan yang halus. Sama halnya dengan jenis kain drill lainnya, Kain Taipan Drill ini ini juga bisa menyerap air dengan baik sehingga sangat nyaman saat dipakai. Sehingga jenis kain ini sangat cocok digunakan untuk bahan baju seragam PNS dengan warna yang sangat umum, yakni warna cokelat khaki.

5. Jenis Kain Oxford

Jenis kain ini memiliki spesifikasi bahan yang teksturnya rata tidak seperti kain drill. Selain itu, jenis kain ini juga memiliki jalinan benang-benang pintalan kainnya yang terdiri dari seperti jalinan titik-titik yang mirip pixel dalam resolusi gambar. Bukan hanya itu, secara umum jenis kain ini lebih tipis jika dibandingkan dengan kain drill. Jadi, semakin banyak komposisi bahan cottonnya seperti pada Kain Japan Tropical, maka akan semakin nyaman saat digunakan. Jenis kain ini biasanya digunakan untuk seragam sekolah.

6. Jenis Kain High Twist

Kain jenis ini merupakan jenis kain yang nampak mengkilap dan rapih. Biasanya jenis kain ini digunakan untuk bahan pembuatan jas, semi jas, jaket, blazer, dan celana. Akan tetapi, bahan jenis ini sedikit panas disebabkan mengandung bahan sintetis.

7. Jenis Kain Taipan Tropical

Jenis kain ini merupakan campuran komposisi polyester dan cotto, dengan ratio lebih besar kandungan cottonnya. Sehingga sangat dingin saat digunakan. Selain itu, jenis kain ini memiliki serat yang sama dengan oxford dari bahannya yang halus, sehingga sangat cocok digunakan untuk seragam kerja.

8. Jenis Kain Kanvas

Jenis kain ini memiliki tekstur yang berat dan tebal. Kain jenis ini biasanya digunakan untuk bahan jaket lapangan pada pertambangan maupun mendaki gunung karena bisa melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lainnya. Saat digunakan jenis kain ini biasanya agak sedikit gerah karena tebal.

9. Jenis Kain Wool

Jenis kain ini memiliki bahan yang bisa menyerap air. Selain itu, jenis kain ini berbahan tebal sehingga jika terkena noda akan lebih sulit untuk dibersihkan dan akan menyusut apabila cara pencucian dan pengeringannya tidak tepat.

10. Jenis Kain Dolby

Jenis kain ini terdiri dari 100% katun dan mengandung satin, sehingga akan nampak berkilau dan mewah. Selain itu, jenis kain ini memiliki karakteristik tebal, tidak berbulu, halus, serta tidak panas. Biasanya jenis kain ini digunakan untuk seragam hotel berbintang.

Itulah beberapa jenis kain untuk membuat pakaian, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *