Penyebab AC Rusak Dan Langkah Pertama Dalam Memperbaikinya

service ac
(Gambar : pixabay.com)

AC ini befungsi untuk membuat ruangan menjadi nyaman, sehingga tidak aneh kalau banyak orang yang bergantung pada air conditioner (AC) ini untuk bisa mendapatkan kenyamanan di rumah. Namun dikarenakan penggunaan AC yang kurang tepat ditambah dengan kurangnya perawatan AC, maka AC ini bisa menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada AC. Salah satunya adalah terjadinya kebocoran pada freon. Kebocoran pada freon ini biasanya diakibatkan pipa saluran yang befungsi untuk mengalirkan udara dingin keluar tersumbat oleh debu, atau akibat kendurnya sambungan instalasi pipa.

Selain itu penyebab lainnya adalah kapasitor atau kondensator yang bermasalah. Karena kondensator ini memiliki peran yang sangat penting, yakni untuk menyimpan energi dan menjadi tempat pelepasan panas pada sistem AC. Sehingga jika kondensatornya mengalami kerusakkan, maka AC tidak akan bisa mengeluarkan udara dingin. Kerusakkan pada AC juga bisa disebabkan oleh kompresor yang aus dan berkarat. Hal ini biasanya terjadi pada AC yang sudah lama digunakan, sekitar 1-5 tahun. Sehingga jika kompresor sudah terjadi karat maka bisa berimbas pada sistem lainnya dalam AC. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa penyebab kerusakan AC dan langkah pertama dalam memperbaikinya sebagai berikut :

1. Membersihkan AC

Jika AC anda tidak menyala atau tidak bisa mengeluarkan udara dingin, maka tips yang pertama adalah membersihkan AC dari segala kotoran. Karena debu yang menumpuk biasanya akan membuat freon menjadi tersumbat dan bocor, atau kipasnya tidak bisa berputar dengan optimal. Namun setelah dibersihkan tetapi AC anda masih tidak bisa menyala, maka sebaiknya gunakan jasa service AC supaya masalah AC anda bisa langsung tertangani.

2. Cek Kondisi Kipas

Jika anda sudah membersihkan AC namun tetap tidak bisa menyala, maka anda bisa memeriksa bagian kipasnya di bagian luar. Caranya adalah nyalakan AC, kemudian perhatikan apakah kipas AC anda berputar dengan normal, apakahputarannya lemah atau bahkan tidak berputar sama sekali. Jika kipas AC anda tidak bisa berputar maka cobalah untuk memeriksa kabelnya atau kompresornya, apakah ada yang putus atau terbakar. Perlu diingat, sebelum memeriksanya pastikan AC anda telah dimatikan untuk mencegah terjadinya korsleting atau tersengat listrik.

3. Periksa Secara Keseluruhan

Pada saat AC menyala namun kompresornya tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka cobalah untuk memeriksa kabel dan soket listrik pada bagian luar AC. Coca cek oleh anda apakah ada bagian kabel atau soket yang rusak. Selain itu cek juga remote control untuk memastikan bahwa mode yang dipilih anda sudah tepat. Perlu anda ketahui bahwa kompresor dan kipas akan berfungsi jika remote control diatur dalam mode “Cool” atau “Auto”.

Selain itu anda juga bisa mencoba untuk memeriksa sambungan kabel listrik antara bagian dalam dan luar AC. Karena tidak menyalanya AC anda bisa jadi dikarenakan ada sambungan kabel yang lepas atau kendur. Namun jika 3 cara diatas telah dilakukan dan AC anda tetap tidak bisa menyala, maka anda membutuhkan bantuan teknisi untuk memperbaikinya dengan segera. Karena kalau AC anda dibiarkan rusak terlalu lama maka dikhawatirkan kerusakannya akan semakin parah, sehingga perbaikannya juga akan semakin sulit serta memakan ongkos biaya yang banyak pula.